Tentangku

TENTANGKU
Oleh Ronald Soemitro

Dalam kesendirianku, aku selalu mamandang langit
Sehingga menumbuhkan bibit baru dalam hati
Jika hatiku adalah kupu-kupu, sudah lelah hatiku melanglang setiap sudut bumi
Walaupun lelah, sudah terlambat untuk mematikan tanaman hati ini

Aku suka menulis sajak puisi
Karena setengah jiwaku berada di sana
Terkadang hasratku bergejolak, kemudian memintaku pergi untuk menjemputnya
Melakukan sebuah perjalanan meniti jejak di permukaan pelangi

Aku tak pernah mengenal cinta
Karena cintalah yang mengenalku dahulu dan cintalah yang mengenalkanku kepadanya
Aku terlalu dini untuk merangkai kata mesra, biarkan cinta yang menghampiriku
Karena tidak semua cinta layak diperjuangkan


Bagiku tidak ada kata terlambat untuk kebajikan
Dan aku menyimpannya bagai sebuah kotak perhiasan
Aku menaruhnya di lemari jiwa diselimuti gembok hati
Dan aku membagikannya kepada orang lain, ketika Tuhan menginginkannya

Ada yang tersenyum sambil membisikkan dendang langka
Lagu yang sangat digemari generasi masa kini
Ya?? Aku suka musik!! karena dia bersembunyi di antara rahasia pecinta hati
Dan hanya seniman yang bisa mengutarakannya

Aku mengidolakan kesederhanaan
Dan aku tak suka kemunafikan
Karena lelah sudah ku hiasi awan putih
Tapi malam selalu menutupinya

Makanan favoritku adalah yang halal untukku
karena dia telah membubuhi daging dan tulang
dia membersihkan setiap makanan dari debu
dan mengobati perut yang kosong

Aku pengagum wanita
Karena bagiku wanita adalah kerajaan syurga
Dan jika kerajaan itu hancur, maka tunggulah kehancuran datang menjemput
Seperti anai-anai yang bertebaran di malam hari

Aku punya sejuta kelemahan
Karena dia datang bukan berasal dari kelemahanmu
Dan bukan pula berasal dari kelemahannya
Melainkan dia berasal dari diriku yang lemah

Candaku sering menggelitik teman-temanku
Aku suka humoris tapi bukan pelawak
Dan bukan pantomim pemeran panggung sandiwara
Melainkan karena aku bahagian dari celoteh gurau mereka

Aku bukan orang baik-baik, tapi aku suka kebaikan
Karena Aku lemah di antara kekuranganku
Dan kurang di antara kelemahanku
Dan bukanlah aku manusia sempurna melainkan kalian

Aku suka belajar dan belajar
Karena aku bodoh di antara kepintaranku
Dan pintar di antara kebodohanku
Meskipun air telah memenuhi permukaan bumi

Aku hanyalah pengemis dan bukan bangsawan
Karena Aku tak memiliki apa yang kau punya
Tapi aku memiliki jiwa dan kau tak akan bisa merebutnya dariku
Walaupun kau membayarnya dengan tersenyum dan menangis untukku

Rasanya seperti habis mengakhiri perjalanan jauh menulis semua ini
Karena ini telah menyedot ketidak mampuanku dalam berpikir, bermimpi dan mencintai
Aku tidak terlalu mengenal apa yang ku tulis, laksana menulis di atas air semua ini
Kelak, jika kalian memahaminya,, tolong kabari aku,,

0 Response to "Tentangku"

Posting Komentar

Daftar Isi